Sunday, August 23, 2009

Ceramah Qiyamul Ramadhan Hari Minggu, 23 Agustus 2009 di Masjid Dekat Rumah

Dalam QS. Al-An'aam 82, Ibnu Katsir mengatakan bahwa yang dimaksud orang-orang yang mendapat rasa aman dan mendapat petunjuk ialah orang-orang yang mengikhlaskan diri dalam beribadah pada Allah swt.

Alqur'an seharusnya ditafsirkan dengan Al-Qur'an, hadits, tafsir sahabat, dan tafsir tabi'in bukan dengan reinterpretasi sendiri begitu saja.

Ada tiga jenis kezaliman yakni:
1. Zalim terhadap Allah seperti syirik
2. Zalim terhadap diri sendiri, contohnya tidak beribadah kepada Allah swt
3. Zalim terhadap saudara, misalnya memukul atau menendang

Inti ceramah kali ini adalah memurnikan iman kita dari syirik dan segala macam takhayul-takhayul yang bergandul-gandul.

Oh ya, masa di Take Him Out dan Take Me Out Indonesia kali ini (bulan Ramadhan) ada ustad cinta. Iya, ustad cinta. Masih belum jelas? USTAD CINTA. Sayangnya, nasihatnya tak jauh beda sama perawal keberuntungan nasib yang biasa diisi oleh ibu-ibu yang aku lupa namanya. Entah siapa dia, tak diberi tahu pula nama asli ustadnya. Tapi itu sungguh MEMALUKAN! Kira-kira ustad itu masuk kriteria: toko, berko, atau teko ya?

Wahhh... saya kangen sekali sama plurk! Biasanya, setiap ada kejadian aneh, apalagi ada episode ustad seperti ini, saya pasti akan menulis "ada ustad cinta (popularitas?) di Take Me Out Indonesia" dengan simbol angry. Lama-lama aku rasa akan ada ustad membawakan acara horoskop, naudzubillah..

No comments: