Wednesday, July 15, 2009

Keranjingan MatiBeku!

Mainan ini pertama kali dikasih tahu sama Nadine kemudian saya jadi keranjingan. Asyik dan bikin penasaran!

Mau coba? Coba saja ke matibeku, well, semoga kalian tidak menjadi mayat beku, hehe.. Itu istilah dari orang yang terbeku di suatu tahap.

Apa itu matibeku?

MatiBeku.com adalah sebuah situs Online Game bertipe Riddle. Di sini, Anda akan ditantang untuk melatih kecerdasan dan kreativitas Anda!

MatiBeku.com terdiri dari berbagai macam level, setiap level memiliki soal tersendiri. Tak jarang, satu level bisa terdiri dari beberapa lapis. Pada umumnya, setiap level memiliki cara jawab yang sama, yaitu dengan mengganti URLnya. Misalkan Anda sekarang berada di http://www.matibeku.com/gameon/astaga.html, dan Anda percaya jawabannya adalah iseng, maka Anda mengganti kata astaga dengan iseng, menjadi http://www.matibeku.com/gameon/iseng.html. Jika jawaban terdiri dari 2 kata, misalnya mati membeku, maka Anda cukup mengganti nama file menjadi matimembeku (penulisan digabung, tanpa spasi).

Tidak setiap level memberikan jawaban yang langsung, kadang-kadang Anda akan diajak berputar-putar dan melewati lapis-lapis tertentu. Google (atau situs search engine lainnya) ataupun Wikipedia (ataupun situs ensiklopedia lainnya) dapat membantu Anda dalam menyelesaikan sebagian besar level.

Untuk mengerjakan soal-soal di riddle ini, kemungkinan Anda membutuhkan program IZArc (untuk membuka file rar atau zip), Paint atau GIMP (atau program pengolah gambar lainnya), Notepad (atau program pengolah teks lainnya), OpenOffice.org (atau program word processor atau spreadsheet lainnya), Web Browser (pastikan dapat membuka source dari file html), dan lain-lain.

Jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat mengunjungi forum resmi MatiBeku.com. Jangan malu-malu atau berpikir, "Saya tidak butuh bantuan!" Mungkin saja, pada suatu saat, mungkin Anda akan butuh bantuan :)

Selain itu, jika Anda menemukan bug/error/link yang tidak berjalan di MatiBeku.com, atau jika mungkin, ada kepentingan lainnya, seperti pemasangan iklan dan lain-lain, Anda dapat mengontak kami lewat halaman kontak.

Akhir kata, kami ucapkan selamat bermain, hope you enjoy your stay here!

PS: Gathering MatiBeku.com akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2009. Ayo daftar sekarang! Baca lebih lanjut di sini.

Karena saya pernah merasa sempat mati beku seharian, saya kasih tema untuk setiap level pada tahap satu ini, selamat mencoba!

Level 0:
Ini adalah Level 0. Saya ucapkan, selamat ****** di MatiBeku.com. Cukup isi bintang di samping untuk lanjut ke level selanjutnya.

Gampang sekali kan? Ya, kalian hanya perlu mengisi kata itu di url-nya, isi dengan kata yang dimaksud si bintang

Level -1:
Bagus. Sekarang, lihat dari atas ke bawah.

Ya, lihat kata-kata paling atas sebelah Mozilla Firefox (saya pakai Mozilla soalnya :D), ganti url-nya deh!

Level -2:
Coba lihat dari atas ke bawah lagi. Selanjutnya, pikirkan cara ke level minus 3.

Caranya sama seperti level -2, hanya ganti angka!

Level -3:
Perhatikan bahwa Anda dapat melihat source code dari suatu halaman. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan kembali ke halaman awal, jawabannya ada di sana dicetak dalam huruf tebal!

Level -4:
Kembalilah ke halaman utama. Anda dapat menemukan beberapa petunjuk di sana.

Jawabannya juga ada di halaman awal, ditulis dengan huruf tebal pula, pasti mengerti!

Level -5:
Sekarang, jawabannya jadi 2 kata :)

Jawabannya ada di halaman utama matibeku. Iya, dua kata yang digabung jadi satu itu!

Level -6:
Di internet, setiap warna dapat diekspresikan menjadi kode heksadesimal 6 karakter. Warna apakah 13287134?

Jujur, ini susah! Saya juga tanya sama teman, eh..dia malah menguraikan macam-macam, oke, saya kasih tahu saja, jawabannya itu terong tapi ini MUDA! hahahaha...

Level -7:
Siapa aku?

Nah, kalian klik kanan, terus klik 'view page source', lihat kata-kata sebelah image, that's the answer!

level -8:
Ada yang hilang!

Pasti kalian tahu! Lihat di atas, paling atas, nah ada yang hilang kan? Apa coba? Hihihi...

Level -9:
Kadang-kadang, jawaban level tertentu tidak selalu berakhiran html. Apa lagi ya?

Hmm... ini memang agak ribet sedikit. Kalian klik 'view page source' lagi, lihatlah, kata kuncinya Pierre de ******. Coba tanya Mbah Gugel (thanks Mbah!) seperti kata halaman depan, Google dan Wikipedia sangat membantu. Jadi, kalian cari Pierre de ini dan temukan bintangnya. Hanya 6 huruf kok! Setelah itu akhiran html kalian ganti dengan akhiran yang formatnya untitled document, selain html, pasti tahu!

Level -10:
Diktator dari Kamboja.

Gampang! Tanya lagi sama Mbah Gugel, ada 6 huruf! Oh ya, akhirannya jangan diganti dulu ke html, tetap seperti itu!

Level -11:
Sekarang: waktunya kembali ke jalan yang benar. Dan sedikit quote favorit saya:
"Blacker than a moonless night, hotter and more bitter than Hell itself.. That is coffee." -*****-

Hoo.. Quote favorit mas Iwan itu ternyata! Kalian harus kembali ke jalan awal, ganti extension seperti awal mula, seperti jalan yang seharusnya, hehe.. Lalu, kutipan itu coba tanya Mbah Gugel, dia pasti kasih tahu, ganti deh!

Level -12:
Niao Chao!

Ini nama stadion di Cina. Kalian harus menebak nama olahraganya. Stadion untuk main apa sih? Ya, itu dia! Ups, disambung dan tak ada spasi ya..

Level -13:
Ini adalah level terakhir di stage 1: Tolong matikan lampunya!

Yeah! Level terakhir! Di sini saya juga sempat mandek. Kalian hanya perlu lihat ke bagian URL, masih menyala bukan? Tolong matikan! Haha...


Selamat Datang di Tahap 2!

Inilah kata kunci untuk tahap 1, saya juga sedang menyelesaikan tahap 2, nanti kalau sudah ketemu, saya kasih tahu kembali kata kuncinya, selamat membeku!

Kata Mas Iwan si pembuat permainan ini:
PS: Tenang saja, kami tidak bermaksud membuat Anda mati membeku dengan bermain riddle game ini (kecuali jika Anda bermain 24 jam sehari, 7 hari seminggu, di kutub utara, yang sangat tidak kami sarankan. ^_^)

No comments: