Monday, August 17, 2009

Tarhib Ramadhan Khatulistiwa 1430 H

Tarhib Ramadhan tahun ini dibawakan oleh Ustad Andi Hasyim, ayah dari Hanum. Kata 'tarhib' berasal dari kata 'rahaba' yang berarti membuka. Karenanya, kita menyambut Ramadhan dengan sebutan "Marhaban yaa Ramadhan", bukan "ahlan wa sahlan". Ini disebabkan perbedaan arti di antara keduanya. Rahaba juga berarti membuka selebar-lebarnya dengan perasaan penuh sukacita. Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya malam lailatul qadr (seribu bulan).

Imam Syafi'i mengatakan bahwa lailatul qadr terletak di awal Ramadhan. Sementara Imam Malik berpendapat lain. Beliau mengatakan bahwa lailatul qadr terletak di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Shalat sunnah dibagi dua, yakni shalat sunnah muakkad dan shalat sunnah ghairu muakkad. Jika kita mengerjakan satu kebaikan di bulan Ramadhan, maka satu kebaikan tersebut dihitung sebanyak 70 kebaikan. Misal, jika kita mengerjakan shalat sunah dhuha di bulan Ramadhan, kita akan dinilai mengerjakan shalat sunah dhuha sebanyak 70 kali.

Pada bulan Ramadhan, rezeki orang mukmin ditambah. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan persamaan, karena setiap orang, dari raja sampai tukang sapu menjalankan ibadah shaum dan merasakan lapar bersama-sama. Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan sabar (syahru sabar). Perang Badar juga terjadi pada tanggal 17 Ramadhan.

Ada empat perbuatan di bulan Ramadhan, dua perbuatan jika dikerjakan membuat Allah ridha dan dua perbuatan lainnya merupakan perbuatan yang sangat diharapkan untuk dikerjakan. Dua perbuatan yang membuat Allah ridha ialah membaca istigfar dan syahadat. Sementara dua perbuatan lainnya yang diharapkan, saya lupa menulisnya. Tak tanya Hanum dulu ya, hehe..

Di bulan Ramadhan, diharapkan kita juga membaca sebanyak-banyaknya: As alukal jannata minannaar (masukkanlah aku ke dalam surga dan jauhkanlah aku dari api neraka). Dinamakan Ramadhan karena semua dosa dibakar habis, asalkan Ramadhan kita lalui dengan penuh iman dan mengharap ampunan dari Allah swt.

Rasulullah saw sebenarnya tidak pernah mengerjakan shaum syawwal 6 hari. Sejarah shaum syawwal dimulai ketika beberapa sahabat menangis karena berpisah dengan Ramadhan. Sebenarnya, setiap muslim seharusnya mengetahui asbabun nuzul dari hadis Rasulullah saw. Seperti hadis tentang shalat.

Suatu hari, seseorang datang kepada Rasulullah saw dan bertanya, "Ya Rasulullah, amal apakah yang paling utama?" Rasulullah saw berkata, "Shalat tepat pada waktunya." Rasulullah berkata demikian karena orang yang bertanya pada Rasulullah tersebut merupakan orang yang shalatnya di akhir waktu. Padahal, kata Ustad Andi, Rasulullah saw kadang shalat dzuhur ketika jam 14.00 waktu Madinah. Alasannya ialah saat itu Madinah sedang musim panas dan sangat panas di saat siang.

Sebenarnya, waktu shalat sendiri dibagi atas tiga jenis, yakni afdhal, ikhtiar, dan haram. Ramadhan juga disebut sebagai jihaadunnafs yang berarti bersungguh-sungguh dalam mengendalikan jiwa. Wanita diperbolehkan untuk i'tikaf karena Aisyah pun dulu beri'tikaf. Untuk yang sudah bersuami, hendaknya bersama dengan suaminya.

Menjelang Ramadhan, saya meminta maaf atas segala khilaf yang dibuat. Mohon dibukakan pintu maaf selebar-lebarnya. Mudah-mudahan kita semua menjadi manusia yang bertakwa, amiiin. Terima kasih.

2 comments:

ledy said...

assw..
kmrn pernah mampir k blog realedy ya?
nanyain toefl deplu..
tes nya di LIA jl pramuka jakarta.
sama kyk tes toefl lainnya..
jd mesti rajin latian aj :)

tapi tes pertamanya tertulis dulu..terdiri dari: pilihan ganda, 5 essai bahasa indonesia, 5 essai bhs inggris..

kalo lulus..baru tes toefl..
sukses ya..emang kapan tes nya?
jd pengen ikut lagi :)

Iftirar said...

wa'alaykumsalam warohmatullohi wabarokatuh

iyaaa mas ledy...tes toefl-nya udah lewat
telat banget ya saya kasih comment, hehe

and, finally, i'm not passed in deplu test, mungkin ada yang lebih baik kali ya mas..
mohon doanya, amiin.. :)

ps. ayo mas, ikut lagi! *lah ngapain ikut lagi, kan udah masuk :P