Sunday, April 22, 2012

Penyakit Hati

Pengajian yang saya ikuti kali ini membahas penyakit hati. Allah swt telah menjelaskan tentang hati dalam Al-Qur'an surat Asy-Syams ayat 8-10: 
"Maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya. Sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu). Dan sungguh rugi orang yang mengotorinya."

Ustadz Kahfi Amin, yang menyampaikan materi penyakit hati, menjelaskan bahwa penyakit hati ini banyak sekali jenisnya: pelit, iri, hasad, hasud, ujud, takabbur, ghibah, boros, malas, khianat, fasad, futur, riya', dan lain-lain.

Penyakit hati sebenarnya lebih berbahaya dibanding penyakit fisik sebab gejala penyakit hati ini tidak kasat mata. Lalu apa obat untuk penyakit hati ini?

Zuhud. Rasulullah saw bersabda, "Zuhudlah kamu terhadap urusan dunia maka kamu akan dicintai Allah swt dan zuhudlah terhadap sesama maka kamu akan dicintai manusia."

Lalu apa zuhud itu? Zuhud, menurut Ustadz Kahfi adalah mengambil kebutuhan hidup dengan cara yang benar dan menempatkannya pada tempat yang benar.

So, apa yang harus kita lakukan untuk menghindari penyakit hati ini?
1. Sadari diri kita bahwa kita memiliki penyakit
2. Tidak marah bila kita diingatkan orang lain bahwa kita sedang 'sakit'. Teman yang baik bukan teman yang hanya mampu memuji namun juga mengingatkan dikala kita salah.
3. Menjaga pergaulan kita, caranya bersahabat dengan orang yang beriman. Agama seseorang dapat dilihat dari agama kawan-kawan karibnya.
4. Menekuni dan memahami Al-Qur'an serta Assunnah
5. Menyadari bahwa Allah telah memuliakan kita

Hidup yang kita jalani ini sangat panjang. Karenanya tanamkan diri kita untuk terus hayatuna ibadatun.

"Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan ingkar kepada Allah dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan?"
-QS. Ibrahim: 48-

No comments: