Tuesday, January 6, 2015

Ihsan

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”
[QS. An-Nisa ayat 1]

Ayat diatas menekankan pentingnya silaturrahim. Salah satu bentuk silaturrahim adalah dengan ihsan. Apa yang dimaksud dengan ihsan? Ihsan ialah beribadah kepada Allah swt seakan-akan melihat-Nya. Ihsan juga disebut sebagai berbuat baik. Lalu bagaimana cara kita mengenal Allah swt? Dengan mempelajari ilmu tauhid, kita akan mengenal Tuhan kita.

Perintah untuk berbuat baik kepada manusia terdapat dalam QS. An-Nisa ayat 36,
"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri."

Islam sangat menghargai kesalehan seseorang. Kebaikan yang dilakukan juga memiliki tingkataN, yakni: orang tua, kerabat dekat, anak yatim, orang miskin, tetangga, teman, hamba sahaya. 

Kepada binatang dan makhluk hidup lain, kita juga harus berbuat ihsan. Ada suatu penelitian di Amerika Serikat bahwa hewan yang disembelih dengan cara Islam (dibaringkan ke sebelah kiri, ditenangkan, serta dibacakan bismillah saat akan menyembelihnya) lebih merasa tidak sakit dibanding hewan yang dibunuh dengan cara disuntik/dipingsankan.

Hukuman mati sebaiknya dilakukan terbatas kecuali hukum cambuk boleh dilakukan di hadapan orang-orang mukmin untuk membuat jera.

Orang yang berdosa besar tetapi dengan tulus ikhlas memberi makan/minum orang lain atau makhluk hidup lainnya akan diampuni dosanya oleh Allah swt.

Seperti dikutip dari ceramah Ustadz Dr. Jeje Zainuddin

No comments: