Monday, July 16, 2012

Izrail Bilang ini Ramadhan Terakhirku

Jika datang malaikat Izrail menyampaikan sehelai surat
dari Allah yang menetapkan bahwa Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan terakhirku...

Maut akan menjemputku...
Maut akan menyelimuti jasad dan jiwaku...
Maut akan menghentikan semua langkah dan hidupku...

Jika saja Izrail benar-benardatang membawa surat itu...

Aku yakin semangatku akan terpacu menuju puncak gairah ibadah yang dahsyat.
Aku tidak lagi berminat mengisi malam-malam dengan nyeyaknya tidur.
Aku akan tidur hanya sejenak sebagai syarat untuk bisa menunaikan tahajud.
Pada malam-malam Ramadhan...
Aku sibukkan diri dengan tarawih, ber-qiyamullail, dan bertahajud.

Di siang-siang Ramadhan...
Aku tidak akan pernah lagi mengeluhkan beratnya puasa.

Aku akan isi detik-detik sisa usia dengan lantunan dzikir.
Aku akan alunkan Kalamullah.
Aku renungi setiap ayat-Nya.
Aku infakkan semua yang bisa kuinfakkan.
Aku siap membantu siapa pun yang membutuhkan bantuanku.
Aku tidak akan menyibukkan diri dengan aktivitas yang tidak bernilai di hadapan Allah.
Sedetik pun tidak ada waktuku yang terlewatkan dari kebaikan, ibadah, dan dzikir kepada-Nya.

Itu bayanganku, bagaimana dengan Anda?

Dikutip dari buku Izrail Bilang ini Ramadhan Terakhirku karya Ahmad Rifa'i Rif'an.

No comments: