Friday, January 25, 2013

Materi di Aziziyah

Seluruh materi ini disampaikan oleh Ustadz Jeje Zainuddin setiap ba'da Ashar di Maktab 205, Aziziyah.

Inti dari agama Islam dibagi dalam dua hal, yakni aqidah dan syariah. Aqidah ialah hal yang berhubungan dengan tauhid sementara syariah adalah perbuatan manusia yang terkait dengan hukum. Syariah Islam memiliki tiga hal pokok, yaitu: 'adamul haraj (menghilangkan kesusahan), qalilut taqalid (sedikit beban yang wajib), dan at-tadarruj (bertahap). Setiap ada kesulitan dalam Islam maka pasti ada pengguguran hukumnya (pengecualian). Contohnya, seorang muslim wajib melaksanakan shalat. Namun, kala ia sakit, shalat boleh dilakukan dalam keadaan duduk berbaring, atau bahkan bila parah hanya dengan isyarat hati. Namun melakukan shalat tetap wajib dilakukan.

Al-Fatihah, surat pertama dalam Qur'an mengandung lima hal pokok dalam ajaran Islam, yaitu:

 
1. Ketauhidan
Prinsip hanya Alah sebagai Tuhan semesta alam, Maha Pencipta, Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Hal tentang inti dari ajaran Islam ini terkandung dalam ayat pertama sampai ayat ketiga. 

2. Hari akhir
"Yang Menguasai hari pembalasan." Pesan tentang adanya hari kiamat dan akhir kehidupan dunia ada dalam ayat keempat.  

3. Tuntunan ibadah
Ibadah ditujukan hanya kepada Allah ta'ala. Tuntunan untuk menyembah hanya kepada Maha Menggenggam jiwa ada dalam ayat kelima.

4. Janji baik dan janji buruk
Ayat keenam menunjukkan adanya sutu balasan bagi mereka yang baik dapat menapaki "sirathal mustaqim" sementara mereka yang jahat akan tergelincir dan tak mampu melewatinya.  

5. Sejarah hidup umat manusia
Ayat terakhir dalam Al-Fatihah menggambarkan adanya tiga golongan manusia dalam kehidupan, yaitu: orang-orang yang mendapat nikmat, orang-orang yang dimurkai Allah, dan orang-orang yang sesat. Ustadz Jeje berpendapat bahwa orang yang mendapat nikmat ialah umat muslim. Orang-orang yang shiddiq dan shalih. Mereka yang berilmu dan mengamalkan ilmunya. Orang yang mendapat murka adalah mereka yang berilmu dan tahu tapi mengingkari dan mengkhianati ilmunya. Sementara orang-orang yang sesat adalah mereka yang tidak memiliki ilmu tapi sikap sok tahunya luar biasa. Kesesatan dalam agama dibagi atas dua hal, yaitu zalim dan jahil. Mereka berbuat zalim padahal mereka memiliki ilmu. Sementara di sisi lain jahil (bodoh) tapi tidak mau menuntut ilmu. Zalim melahirkan sifat syahwat. Berbuat hanya berlandaskan nafsu amarah. Sementara jahil melahirkan sifat syubhat (keragu-raguan).

Daerah Mekkah dahulunya adalah tempat persinggahan para kafilah. Mekkah dimulai menjadi sebuah kota ketika Nabi Ibrahim as meninggalkan Siti Hajar dan Ismail di sana. Daerah Mekkah sangat tandus. Tidak ada tanda-tanda kehidupan. Keyakinan Hajar bahwa Allah tidak akan pernah meninggalkan hamba-hamba-Nya membuatnya bertahan di sana. Nabi Ismail as yang saat itu masih bayi merengek kehausan meminta air. Siti Hajar pun kebingungan. Sejauh mata memandang, yang ditemui hanyalah padang tandus nan gersang. Tapi ia tetap yakin dengan pendiriannya. Allah tak akan pernah menyia-nyiakannya. Ia kemudian berlari naik ke bukit Shafa. Ia tengok sekeliling dan melihat tanda adanya air di bukit Marwa. Ia lari ke bukit Marwa. Tapi yang ia temukan hanya fatamorgana. Ia lihat kembali ada tanda air di bukit Shafa. Ia lari ke sana, namun tak menemukan apa-apa. Siti Hajar melakukannya hingga tujuh kali. Dengan kekuasaan Allah, Siti Hajar diperintahkan untuk memukulkan kakinya ke tempat ia berpijak. Keluarlah mata air yang tak pernah berhenti mengalir sampai sekarang. Zamzam.

Dengan adanya sumur zamzam, Mekkah menjadi kota yang hidup. Banyak kafilah yang berhenti di sana dan mendirikan rumah. Kafilah mula-mula adalah Bani Jurhum. Bani Jurhum inilah yang menjadi cikal bakal penduduk Quraisy. Ketika Nabi Ismail sudah beranjak dewasa, Nabi Ibrahim as datang mengunjungi Siti Hajar dan Nabi Ismail. Di malam ke-10 kunjungannya, Nabi Ibrahim menceritakan mimpinya untuk menyembelih Ismail. Ismail dengan ikhlas mengiyakan perintah ayahnya. Kisah yang indah ini tertulis dalam Al-Qur'an surat Ash-Shaffat ayat 102, "Maka tatkala anak itu mencapai umur dapat bekerja bersamanya, Ibrahim berkata, "Hai anakku, sesungguhnya aku melihat di dalam mimpi bahwa aku akan menyembelihmu, maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?" Dia berkata, "Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepada engkau, insya Allah engkau akan mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar."

Masa pemerintahan Khalifah Islam dimulai dari Abu Bakar ra. Setelah Abu Bakar meninggal, pemerintahan Islam dilanjutkan oleh Umar bin Khattab ra, Utsman bin Affan ra, dan Ali bin Abi Thalib ra. Setelah Ali, pemerintahan diambil alih oleh Bani Umayyah dari Syria dan dilanjutkan dengan Bani Abasiyah dari Baghdad.
 
Pada tahun 930-951 Masehi, Hajar Aswad pernah dicuri oleh kelompok Ismailiyah, yakni sebuah aliran syiah di Bahrain. Namun Hajar Aswad berhasil ditemukan kembali dan diletakkan ke tempat semula, yakni di Baitullah. Karena Hajar Aswad direbut secara paksa, banyak pecahan Hajar Aswad disana-sini.

Tahun 1258 Masehi, Mongolia menyerang Baghdad. Tentara Islam mengungsi ke Cnstantinopel, Turki. Pemerintahan Turki Utsmani pada abad 15-21 runtuh di tahun 1524, di bawah Kemal Attaturk. Dahulu, di Turki terkenal suatu aliran tarekat dengan tokohnya Jalaluddin Rumi.

Pada abad ke-18, banyak sekali bermunculan bid'ah dan khurafat di situs-situs bersejarah Mekkah. Rumah Rasulullah misalnya, menjadi tempat orang-orang untuk melaksanakan shalat. Mereka menangis meratap-ratap di sana. Padahal tidak ada tuntunan untuk melakukan hal itu. Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab kemudian maju untuk menentang kemusyrikan di Mekkah dan Madinah. Pemerintah Saudi Arabia mendukung usaha Muhammad bin Abdul Wahab tersebut. Pada tahun 1926 Masehi, Pemerintah Saudi Arabia membersihkan makam-makam sahabat nabi dan menghilangkan situs-situs bersejarah.

Ilmu pengetahuan Islam kemudian mengalami kemunduran pada abad ke-17 Masehi. Ilmu pengetahuan Islam runtuh disebabkan adanya sekulerisasi dan penjauhan umat Islam dari pedoman hidupnya, Quran dan Sunnah.

2 comments:

zaairul haq said...

kunjungan perdana...d tunggu kunjungan dan koment baliknya...:D

Iftirar said...

terima kasih sudah berkunjung :)