Wednesday, June 18, 2014

Ketika Imam Syafi'i Menangis

Menjelang penutupan Dolly, Salim A Fillah menceritakan kisah yang menyebabkan Imam Syafi'i menangis sedemikian rupa. Bacalah dan kalian pasti akan menangis.

Suatu saat Asy-Syafi’i ditanya mengapa hukuman bagi pezina sedemikian beratnya?

Wajah Asy-Syafi’i memerah, pipinya rona delima.

“Karena," jawabnya dengan mata menyala, “Zina adalah dosa yang bala’ akibatnya mengenai semesta keluarganya, tetangganya, keturunannya hingga tikus di rumahnya dan semut di liangnya.”

Ia ditanya lagi: dan mengapa tentang pelaksanaan hukuman itu, Allah berfirman, “Dan janganlah rasa ibamu pada mereka menghalangimu untuk menegakkan agama!”

Asy-Syafi’i terdiam. Ia menunduk. Ia menangis.

Setelah sesak sesaat, ia berkata, “Karena zina seringkali datang dari cinta dan cinta selalu membuat kita iba. Dan syaitan datang untuk membuat kita lebih mengasihi manusia daripada mencintai-Nya.”

Ia ditanya lagi: dan mengapa, Allah berfirman pula, “Dan hendaklah pelaksanaan hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.” Bukankah untuk pembunuh, si murtad, pencuri, Allah tak pernah mensyaratkan menjadikannya tontonan?

Janggut Asy-Syafi’i telah basah, bahunya terguncang-guncang.

“Agar menjadi pelajaran…”

Ia terisak.

“Agar menjadi pelajaran…”

Ia tersedu.


“Agar menjadi pelajaran…”

Ia tergugu.

Lalu ia bangkit dari duduknya, matanya kembali menyala, “Karena ketahuilah oleh kalian... Sesungguhnya zina adalah hutang. Hutang, sungguh hutang. Dan... Salah seorang dalam nasab pelakunya pasti harus membayarnya!”

***
Kutulis dalam menangis, semoga menjadi pengingat yang terwaris.

-Salim A Fillah-


Dikutip dari sini

 
ps. Ya Allah, jauhkan diriku, pasanganku, anak cucuku, dan seluruh keluargaku dari bahaya zina dan akibatnya.

No comments: