Wednesday, November 5, 2008

Paham!

Dua puluh menit yang lalu, saya ikut kuis "The Brain Game" di Facebook (social network macam Friendster, MySpace, Plurk, dsb.)

Hasilnya (untuk saya) sungguh mengejutkan. Ternyata, saya adalah tipe:

1. Pengguna otak kiri, biasanya karakter orang ini analitis, rasional, dan obyektif
2. Introvert, orang yang cenderung tertutup dan tidak terlalu terpengaruh dengan faktor lingkungan
3. Saya berpikir layaknya pria, bukan wanita. Ini ditandai dengan panjangnya jari manis dibanding telunjuk. Dampaknya berimbas pada hormon testosteron yang berlebih dan memengaruhi cara berpikir serta bertindak

Agak mencengangkan karena setiap saya tes psikologi (baik EQ atau IQ), hasilnya adalah:

1. Saya tipe pengguna otak kanan sehingga lebih cocok berada di ranah sosial
2. Ekstrovert, bahkan terlalu! Sanguinis murni adalah nama lain saya
3. Belum pernah mencoba tes berpikir dengan otak pria atau wanita, jadi kurang tahu!

Tapi, saya rasa tes ini ada benarnya. Teman-teman saya selalu mengeluhkan ketidakpekaan dan ketidaksensitifan saya akan masalah baru. Now, i find the answer! Saya cenderung berpikir dengan otak pria plus karakter saya yang low-context (tidak bisa basa-basi). Imbasnya, saya jadi kurang peka, cuek, dan tidak cepat tanggap. Rasanya harus banyak belajar dari ACT nih!

Lalu, introvert dan otak kiri? Hmm...

No comments: