Tuesday, June 10, 2008

21 Tahun

Kalau di Barat, usia 21 tahun sudah dianggap dewasa dan berhak menentukan garis hidupnya sendiri. Pastinya, di umur yang semakin berkurang ini, aku berharap dapat terus sadar. Sadar dalam menjalani waktu. Karena saat ini, kita sedang mencipta sejarah. Sejarah akan bangkitnya sebuah peradaban. Peradaban Islam, insya Allah!

Di bawah ini, adalah ucapan milad dari teman-teman tercinta (dari yang paling telat ke yang paling awal) sebagai bahan evaluasi tuk perbaiki diri menuju Dzat Maha Suci, Rabbul Izzati.

Funny:

“Dear Sholihat. Met Milad ya… ^_^. Duh bikin malu aja,, pake acara telat segala…! Hehehe… But it’s okey… Semoga dgn ini bisa lebih mempererat ukhuwah qta. Doaku… Semoga Ridho Allah selalu tercurah atas segala harap dan inginmu. Wish you all the best in world and in haven, amiin…”

Lalu, ada tambahan puisinya, bagus deh!

“Maaf…

Jika kali ini dan nanti aku

MENCINTAIMU

Bukan karena naluri kemanusiaanku. Tapi karena Allah menyuruhku.. dan karena Rasul memerintahkan.. agar mencintai saudaranya seperti mencntai dirinya sendiri..

Maaf…

Jika kali ini dan nanti aku mengajakmu

Bukan karena aku ingin selalu bersamamu Tapi aku ingin, aku dan kau masuk ke dalam antrian pintu surga-Nya.

Maaf…sekali lagi maaf..!!

Jika kali ini dan nanti aku merinduimu.

Bukan karena hasratku. Tapi karena aku rindu bertemu denganmu dalam kesyahidan (semoga akupun mendapatkannya..)

Maaf..

Jika kini dan nanti aku membagi CINTAKU dengan membuka lebar-lebar pintu hatiku..

dengan menghidangkan sajian cinta pada nampan kasih sayang pada setiap orang yang ingin merasakan kebahagiaan dalam Islam…

Maafkan aku SAUDARIKU..

Jika kali ini dan nanti aku MENCEMBURUIMU

Lebih…dan lebih… bukan karena aku tak ingin membagimu.. tapi aku cemburu pada sapaanmu terhadap dakwah ini… yang lebih mesra daripada sapaanku…!!!”

(justru aku yang cemburu padamu sahabat, rangkaian katamu yang begitu indah membuatku tak ingin engkau membagi puisi ini pada akhwat lainnya…so sweet!!)

Dasril:

“Ass. Skdr ingin menyampaikan..SELAMAT HARI LAHIR…Afwn tlat cz br liat. Hehe..Insy4wi, smg Allah memberi yg trbaik dlm hidup. Dasril”

Mba Dini:

“….Met ultah ya..maap telat daripada nggak, ya kan?” (dasar!)

Z, Na, My, Uul, San, Ndah, Dy, Mia:

“Ya Robbi, tuntunlah hambamu ini ke jalan kebenaran. Sinarilah jalan hidup hamba dengan sinarMu yang terang. Ampunilah segala kekhilafan hamba. Jadikanlah hamba sebagai MujahidahMu. Karena kecintaan pada-Nya, kita masih dapat bertahan di jalan Nya dan melawan segala keegoisan diri ini. Semoga keistiqomahan itu tetap kita miliki. Saudariku. Waktu demi waktu berlalu.. Usia tak lagi muda.. Sudahkah kita dewasa?? KEMATIAN semakin dekat… Apakah UMUR ini sudah kita sudah kita manfaatkan sebaik mungkin? Optimalkah PERANAN DA’I dalam diri ini? Berapa lama lagi waktu yang tersisa? Di kampus…atau di dunia fana ini? Berharap dengan waktu yang tersisa ini… Ukhuwah yang dirasa sedikit agak mengendur… Barisan yang tidak lagi lurus… dan niat yang tidak lagi ditujukan padaNya… dapat kembali dikuatkan dan diluruskan. Yu..! sama-sama ber-MUHASABAH perbaiki diri.. tidak hanya mengingatkan saudara-saudaranya, tapi diri ini perlu teguran dari Sang Pemilik.. perlu kembali melihat cermin, yang akhirnya memberitahukan apa yang baik untuk diri ini, saudara kita dan terutama untuk ummat ini. Rabithoh… with ukhuwah.. Barakallahu fii umrik, Happy Milad! Semoga amanah yang ada pada diri kita mendapat ridha dari Allah… Fabiayyi ala irobbikuma tukadzzibaan “Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?” (QS. 55:13)”

(indah banget…jazakillah ukhtyqu..ukhuwah selama satu hari di Cilodong benar-benar memesona dan membuka hati untuk selalu bersyukur pada-Nya…)

Tibol:

“…Sry gw br ingt lu ultah tgl 11 kmren. Pnjang umur y say. Shat slalu. Mt ultah y. Tibol”

Dinar:

“….Kamu milad kok nggak bilang-bilang? met milad ya..” (emang milad mesti kasih pengumuman yak? Hehe..)

Dara:

“Mbak..Met ultah ye..Smlm gw krm krt ucpn k fs lo.Maaf y telat,tp drpd g sm skali kn?”

Yuni:

“Met milad ya..af1 telat…” (selanjutnya kita berbagi cerita, maklum temen SD, sekalinya telpon-telponan sampai satu jam, hihihi..)

Fenny:

“As. … nu sholehah, kmh? dmng? Met milad y...af1 telat ksh slmtny. Mg smkn sholehah dn sisa usiany barokah…innallaha ma’ana”

Susan:

Ada gambar rumah plus bintang-bintang di atasnya. Di bawahnya ada kalimat:

“Sdra it spt bntg dmlm hr. kadang tak tampak, tp prcylah mrk slalu ada.met milad ukh…”

Ficca:

“aslm, hepi milad…kl jd org pertama yg ngucapin ud biasa.mkny aq sengaja telat 1hr he3. Smoga sluruh kinginanmu t’capai n hidup dlm kbrkhn. Wish u all d best:)”

Didi:

“Aslm.mba…slmt ulang taun y.smoga slalu dlindung4 Allah dstiap langkahmu.btw hp gsm gw ilang,jd klo mo hub gw via esia aj.di2” (smoga diberikan ganti yang lebih baik ya Di..)

Toha:

“met milad y!. toha b’doa mdh2an…sll dpt yg t’baik dr Allah. Barakallah...”

Dipo:

“Assalamualaikum wa rohmatullohi wabarokatuh..Hr ini ulang taun lo ya.. Selamat ya.. smga tambah sholehah, dewasa, cantik, pinter, rajin.. Gw lg d garut nih” (terus..??)

Rika:

“Assalamualaikum wr wb. ….!!! Happy birthday2 u! Smoga tambah sukses selalu, smoga bertambah yg positifnya n berkurang yg negatifnya. Terutama… bertambah traktirannya:-D HAPPY BIRTHDAY!!”

Ulan:

“Aslm..Selamat hari lahir. Iringan doaqu,,Smuga yg diinginkan t’kabul,,kykna dah pas neh jeng..Traktirannya yah hohoho, cpt dpt jodoh jg ya..d’tunggu undanganna..” (loh? Ngucapin milad apa ngucapin selamat menikah?)

Amel:

“Met milad…Alles gute zum geburstag..Gefeliciteerd met je verjaardag.. Grattis pa fodelsedagen.. –Wish u all d best, smg jd org yg lbh ontime.He8-“ (ada yang tahu artinya? Kalau Perancis sih hayo, kalau ini geleng-geleng deh..)

Kakak Anis:

“Met milad…smoga tambah sholehah, TRKATIR!! Mau kado apaan?” (mau kado mobil…hehe..)

Yesshe:

"... Met ulang taun ya..wish u all d best!"

Mira:

"aslm. ,,,tanjoubi omedetou gozaimasucie cie,,yg tambah tua =pmoga2 cpat lu2s ya ka. skripsinya jg lancar2 ajahe he,,padahal td ktm di lab kom,,cm mira blm tw klo ka ... milad hari ini,,maap yachditunggu euy traktirannya. boleh di takor, di kancil, atw di reskor jg boleh =Dsampai ktm di kampuszznb : oya,,mana tuch yellow spotnya? kok ga nonggol2?"

Aci:

“Ass,happy birthday ya, I wish u all the best…”

Reza:

“met ulang taun y kak...wish u all the best...amien..Kadonya nyusul..” (dasar!)

Ntik:

"...happy birthday yawww.CPet nikah lah,kpan ta'aruf hehehehe.." (kapan yak?hohoho..)

Reno:

"BON ANNIVERSAIRE!!!j'espere les meilleurs pour toi,,avoir des bonnes sante, et que tu trouvera ton prince chamant..milles bisses pour toi..mmmmmmuuuuuaaaacchhh..." (mille bisses aussi, merci ma cherie.. tu me manque!)

Dodo:

"AsLkmTo my aunt yg ultahnya barengan ma abang ganteng gw...hepie bday day yah!wish u all the best...BDW, gw ngucapin ke elo dulu neh sblom abang gw,,, abiz ga megang hape seh... h0h0h0h0ooo...... ^0^" (ya ampun...teteup ya, abang ganteng!)

Mama:

“Met milad say..moga tambah sholehah..”

Husnul:

Ada gambar boneka panda...atau kelinci yak??

“HoPe GoD wilL 9iVe haPpinEsS n LuCk 4 u n WiSheS d niCest thin9s oLwez 4 u,n0t 0nLy 2day buT alL d yEar. Be2x_cUtE-“ (nggak baku nih, halah!)

XYZ:

“Aslm. …Bsediakh u aq khitbah?” (loh, ini orang ngasih ucapan milad apa mo ngajak nikah?)

Wulan:

“U/yg snantysa bsabr dlm hdpny,,yg npsny sbuah pjuangan,yg degp jntgny pngorbnan,yg syum&mrhny u/psaudraan.smg4W1 snantysa mrahmati.MET MILAD”

Dwi Naryati:

Sayang nggak kebaca, tulisannya di hp saya jadi kotak-kotak, isinya “Met Milad…”

Basori:

“Bwat bsok:met milad…,smg umur makin brkah n mjd ank yg saleha bwt ayah bunda.Serta enteng jodoh,rizki, dan karunia yg brlimpah.Amin.” (sms ini dikirim qobla milad)

Lalu…di hari miladnya…

“Moga hr ini pnuh syukur,sabar,dan tetesan air mata bahagia cos msh diberi ksemptn amanah mjd hambaNYA yg bnar2 mghamba” (jazakallah Bas buat hadiahnya, it’s really precious to me!)

Hendy:

Yang ini benar-benar kecepatan, H-10!

“Met milad ya…”

Dimas:

Rekor nih!

“Met milad ya..”

Actually, saya nggak terlalu setuju dengan upacara pesta hari ulang tahun. Karena, menurut saya ulang tahun hanya tradisi yang dibuat-buat oleh umat manusia. Sebagai penganut religious morality, hari lahir merupakan momen untuk mempertanggungjawabkan segala hal yang pernah kita buat di dunia ini sebagai persiapan menghadapi Sang Khalik nanti. Anyway, jazakumullah buat yang memberikan motivasi, semangat, dan doa untuk selalu menjadi baik di hari esok! Semoga kalian juga mendapatkan yang terbaik dari Allah!

Satu lagi, ini adalah pesan bijak dari teman saya ketika saya menginjak usia 19 tahun:
“Makhluk Allah itu banyak sekali dan ada yang tidak kita ketahui, yaitu yang hidup dan yang mati. Yang mulia di antara keduanya adalah yang hidup.. yang paling mulia di antara yang hidup adalah yang diberi tanggungjawab. Yang paling mulia di antara mereka adalah yang mampu mempertanggungjawabkan diri mereka…”

6 comments:

eecho said...

isi blognya bagus, many good poem even in this post.

"Pastinya, di umur yang semakin berkurang ini, aku berharap dapat terus sadar. Sadar dalam menjalani waktu. Karena saat ini, kita sedang mencipta sejarah. Sejarah akan bangkitnya sebuah peradaban. Peradaban Islam, insya Allah!"

Apakah kita akan menjadi generasi yang mengisi jaman ini dengan tinta emas, atau menjadi generasi tak berdaya terlupakan dan tidak terdapat setitik tinta berbekas di buku sejarah kehidupan ini? Sebuah pilihan yang tidak dapat dijawab dengan kata-kata

“Makhluk Allah itu banyak sekali dan ada yang tidak kita ketahui, yaitu yang hidup dan yang mati. Yang mulia di antara keduanya adalah yang hidup.. yang paling mulia di antara yang hidup adalah yang diberi tanggungjawab. Yang paling mulia di antara mereka adalah yang mampu mempertanggungjawabkan diri mereka…”

Ketika terlahir didunia ini kita datang dengan menangis, semoga kita dapat meninggalkannya dengan tersenyum...however, happy anniversary, keep writing, keep contributing, and keep fighting.

salam kenal

Iftirar said...

amiin.. terima kasih tadzkirohnya..

Salam kenal juga..

Iftirar said...

oh iy lupa, satu lagi teman yang ngucapin milad, namanya Reney, dy bilang gini:

"happy birthday ya..., moga lo mendapat jodoh yang bukan otaku"

hahaha..thanks Ney..darimana saya tahu kalau dia bukan otaku ya?

eecho said...

susah..harus mengenal kesehariannya terlebih dahulu...btw nama temennya bagus, reney...nama yang unik (jadi inget film reneygade eh renegade :D)

Iftirar said...

bukan renegade, tapi renegeddon..jauh amat nyak? :p

sarah kk said...

ka kiki afwan sarah ga tau milad ka kiki, hiks..hiks..(sarah beneran nangis ciz merasa bersalah) ka..tapi milad sarah masih lama 20 november, semoga ka kiki ga lupa sama sarah...Luph U my sis!very much!sure!!!