Sunday, June 1, 2008

After Pelatihan..

Hari ini saya ikut Pelatihan Menulis Resensi di UIN bareng Pak Maman S. Mahayana, Kritikus Sastra dari UI.

Pelatihan (apa tepat acara seperti ini dibilang pelatihan? Rasanya cuma sharing biasa, saya pun tidak sempat bertanya dan Pak Maman pun hanya memberi materi 0,5 jam) ini mampu memotivasi saya menulis. Bahan-bahan yang dikasih Pak Maman sangat bagus. Ada beberapa rumus dan satu jurus pamungkas dalam menulis resensi buku yang baik. Apa itu?

Maaf, saya tida bisa memberikan bahan itu sekarang. Kenapa?
1. Saya masih memiliki beberapa tugas UAS yang harus diselesaikan: Komstrat (30 halaman) dan Efilkom (5 halaman).
2. Saya masih harus memantau Yellow Spot untuk terbit karena ada ketidaksesuaian antara desain dan redaksi. Just a lil things...
3. Besok saya ada UAS 2 mata kuliah

Maybe yes, maybe yes, saya juga ingin kok membagi ilmu tersebut, nantikan saja...

Oh iya, saya punya proyek untuk masa liburan: Membuat puisi dan mengirimkannya ke media (parce que je va jouir de vacances a mon village, suasananya ok banget dah tuh!). Ini juga terinspirasi dari pelatihan tadi bareng Pak Maman. Kalau membuat artikel hayo, tapi kalau diminta membuat cerpen dan puisi atau sastra yang sastraaa banget, hmm... pikir ulang deh! That's why I appreciate novelis-novelis dahulu, semisal Hamka, AA Navis, atau Pramoedya Ananta Toer, cool!

Di bawah ini, ada puisi yang lumayan bagus, kalau saya bilang, bisakah saya membuat puisi seperti ini? Terlalu berharapkah bila puisi saya menyamai indahnya puisi karya Taufik Ismail?

Mari belajar, mari menulis, mari semangat!

Ashar II
Karya: Topik Mulyana

Cuaca renyai senja

Pada redup semesta
Matahari begitu sepi
Langit begitu renta

Aku pun mencoba mencinta
Di atas sajadah duka

[bagus kan? atau baca yang ini!]


Isya
Karya: Topik Mulyana

Malam luruh Kerudung-Mu begitu biru

Lalu ada hujan yang mungil
Menempias di genting-genting dekil

Tuhan, Cinta macam apa lagikah
Yang kuhadapi kini
Sedang setiap rindu yang tercipta
Selalu menjelma petaka?

How come ya nulis kayak gini?? Irinya..

No comments: