Sunday, September 5, 2010

Tausiyah Ramadhan (Hari XXVI)

Ikhsan adalah segala hal yang kita lakukan seolah-olah sedang dilihat Allah swt. Tak hanya ketika kita beribadah, pun dalam segala aktivitas. Di bawah ini adalah kisah tentang ikhsan.

Pada suatu hari Abdullah bin Umar menuju sebuah perkampungan. Setelah beberapa waktu perjalanan, rombongan tersebut berhenti untuk beristirahat. Tak jauh dari tempat peristirahatan Abdullah, ada penggembala kambing yang sedang mengawasi kambing-kambingnya.

Abdullah melihat sinar ketaatan di wajah pemuda penggembala kambing tersebut. Ia kemudian berniat mengujinya. Abdullah bin Umar kemudian mengajak penggembala kambing tersebut untuk makan siang bersama.

"Hai penggembala! Mari makan bersama!" ajak Abdullah bin Umar.
"Aku sedang berpuasa," jawab penggembala.
"Di hari sepanas ini kamu berpuasa? Dan di lembah segersang ini pula?" tanya Abdullah bin Umar.
"Aku terburu-buru karena dikejar-kejar oleh hari-hari setelah kematianku," jawab si penggembala.

Benarlah ia pemuda shalih, pikir Abdullah bin Umar. Abdullah kemudian memutuskan untuk terus mengujinya.

"Maukah kamu menjual seekor kambingmu kepadaku? Nanti aku akan beri dagingnya untuk kamu berbuka puasa," tawar Abdullah bin Umar.
"Kambing-kambing itu bukan milikku, melainkan milik majikanku," kata penggembala.

Abdullah bin Umar bermaksud menguji kekuatan iman si penggembala. Ia kemudian berkata, "Bukankah kamu bisa mengatakan kepada majikanmu bahwa kambing itu dimakan serigala?"

Penggembala itu kemudian pergi seraya berkata dengan tegas,"Faaina Allah?"
"Bagaimana urusanku dengan Allah?" tanya si penggembala terus-menerus.

Abdullah bin Umar tergetar melihat kekuatan iman si penggembala. Ia pun juga mengucapkan "Di mana Allah? Di mana Allah? Di mana Allah?"

Karena bahagianya, Abdullah bin Umar memanggil sang majikan penggembala. Ia beli kambing-kambingnya, memerdekakan si penggembala, dan memberikan kambing tersebut pada si penggembala.

Andai pemerintah seikhsan si penggembala... Merasa selalu diawasi Allah ta'ala.

No comments: