Thursday, July 17, 2014

Tausiyah Ramadhan 1435 H - Hari 19

Allah Maha Berkehendak atas segala peristiwa baik yang dapat dimasuki oleh nalar manusia maupun tidak. Allah Maha Membolak-balik hati siapapun yang dikehendaki-Nya tanpa terkecuali. Allah Maha Pencipta makhluk, waktu, dan tiap-tiap yang diciptakan. Allah Maha Pemberi dari segala kemungkinan, baik dari setiap hal yang mungkin dan yang tidak mungkin yang akan terjadi. Allah Maha Berkuasa atas semua kejadian di alam semesta dan berkuasa menggerakkan apapun sesuai keinginan-Nya.

Takdir Allah adalah keniscayaan. Manusia hanya perlu menyikapi dengan sikap yang terbaik dari takdir. Tidak ada yang salah pada takdir karena itu pasti yang terbaik, kita hanya belum mengetahui kebaikan dan manfaatnya. Kebaikan-kebaikan diciptakan untuk membuat manusia makin dekat kepada-Nya. Kesalahan justru terjadi pada manusia yang kerapkali salah menyikapi takdir dan membuat manusia jauh dari kebaikan-kebaikan-Nya. Sama saja dengan mempertanyakan, apakah Muhammad saw merupakan Rasul pilihan Allah yang terbaik? Apakah Al-Qur'an adalah kitab paling benar? Jangan-jangan ada ayat yang salah? Apakah hari akhir itu nyata? Jangan-jangan ia dongeng belaka?

Tidak ada yang tertukar dari takdir dan ketetapan Allah. Semua di dunia ini sudah ada dalam pengaturan-Nya bahkan hingga hal yang tak terjangkau oleh mata atau teknologi manusia. Tugas manusia hanyalah menjadikan shalat dan sabar sebagai penolong dari setiap permasalahan. Semoga kita menjadi bagian dari hamba-hamba Allah yang selalu taat akan takdir-Nya.

*Seperti dikutip dari tausiyah Mas Mukti Andriyanto dengan beberapa perubahan.

No comments: