Friday, July 4, 2014

Tausiyah Ramadhan 1435 H - Hari 6

Ada tiga keistimewaan ibadah puasa :

1. Orang-orang yang berpuasa dapat masuk melalui pintu surga Ar-Rayyan

Rasulullah saw bersabda :
Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “ar rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya” (HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

2. Ibadah puasa melatih kesabaran

Puasa mengharamkan hal-hal yang awalnya halal. Makan dan minum asalnya halal. Berjima' dengan suami/istri adalah hal yang halal. Namun, saat berpuasa kegiatan tersebut menjadi haram. Waktunya pun tidak sebentar, dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Umat muslim di Indonesia, negara yang dilintasi garis khatulistiwa, berpuasa selama 12-13 jam sepanjang tahunnya. Bayangkan dengan muslim di negara-negara yang letaknya di utara atau selatan. Mereka harus berpuasa bahkan hingga 20 jam. Subhanallah!

3. Ibadah puasa merupakan ibadah yang sifatnya rahasia

Tidak ada seorangpun yang tahu seseorang secara sempurna telah menjalankan puasanya kecuali Allah ta'ala. Seseorang yang sahur bersama kita di sepertiga malam mungkin saja pada siang harinya berbuka puasa. Atau seseorang yang kelihatannya begitu bersemangat dan tidak terlihat lelah, mungkin saja ia sedang menjalani puasanya dengan diam-diam.

Dengan tiga keistimewaan di atas, pantaslah jika orang yang berpuasa mendapat ganjaran yang tinggi dari Allah yakni menjadi orang-orang yang bertakwa dan karena kesabarannya mendapat balasan kebaikan yang tak terhingga.

Semoga pada Ramadhan ini, Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bertakwa.

No comments: