Saturday, August 14, 2010

Tausiyah Ramadhan (Hari IV)

Tahu doa sapujagat kan? Saya suka membacanya setelah semua doa saya panjatkan. Saya khusus menempatkannya di akhir bacaan doa-doa saya. Doa yang menurut saya sangat indah, semua keinginan saya tercakup di dalamnya.

Doa ini terdapat dalam QS. Al-Baqarah ayat 201:
"Dan di antara mereka ada yang berdoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

Rasulullah saw menyebut doa sebagai otak ibadah. Mengapa? Karena di setiap ibadah pasti ada doa. Doa adalah senjata orang mukmin. Doa mampu menjangkau hal yang sulit diraih. Doa mampu melintasi nalar logika dan rumus matematika. Tak ada yang tidak untuk doa. Kecuali, tentu saja doa untuk menghalalkan yang haram.

Lalu, mengapa doa dalam surat Al-Baqarah ayat 201 itu istimewa? Karena disana terdapat kondisi ideal seorang mukmin, kebahagiaan dunia dan akhirat.

Kebahagiaan dunia terbagi atas lima jenis:
1. Istri yang sholehah/ suami yang sholeh
Sebab, sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri sholehah, begitu sabda Nabi saw. Lalu, siapakah wanita sholihah itu? QS. An-Nisa ayat 34 menjelaskan hal ini, yakni mereka yang taat pada Allah dan Rasulnya serta menjaga dirinya ketika suaminya tidak ada.
2. Rumah yang luas
Sebab, dalam rumah yang luas terdapat kelapangan hati
3. Sehat wal afiat.
Yakni sehat baik fisik maupun mental. Apalah artinya sehat fisik jika akal kurang waras dan sebaliknya?
4. Kesabaran
5. Kekuatan aqidah

Sementara kebahagiaan akhirat adalah:
1. Masuk surga
2. Cepatnya perhitungan hisab
3. Dapat bertemu dengan Allah swt ketika hari akhir tiba
4. Dijauhkan dari siksa api neraka

Semoga kita mendapat keduanya, kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat, aaamiiin..

ps. Doa berbuka puasa: "Allahumma laka shumtu, wa 'ala rizqika afthortu, dzahabaz zhomau wabtalatil 'uruuqu, wa utsbital ajru, insya Allah.."

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berbuka puasa dan atas rizqi dari-Mu aku berbuka, telah hilang rasa haus dan telah basah kerongkongan dan telah tetap pahalanya Insya Allah”
(HR. Bukhori)

No comments: