Sunday, August 29, 2010

Tausiyah Ramadhan (Hari XIX)

Dari Utsman ra, Rasulullah saw bersabda, "Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan orang yang mengajarkannya." [HR. Bukhari]

Ada lima nilai ketika kita membaca dan menadabburi Al-Qur'an, yaitu:

1. Bentuk ibadah kepada Allah. Membaca Al-Qur'an adalah perintah Allah. QS. Al-Muzzamil ayat 4 menjelaskan hal ini

"Atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan."

2. Memperkuat keimanan. Rasulullah saw mengibaratkan mukmin yang tidak pernah membaca Qur'an sebagai bangunan yang reyot dan rumah yang kumuh.

3. Menyucikan jiwa.
Ayat-ayat Qur'an berfungsi untuk menyucikan jiwa yang terkadang orang yang bersangkutan tidak menyadari ada penyakit dalam jiwanya.

4. Meluruskan pola pikir manusia.
Kemampuan akal manusia, betapapun jeniusnya, tetap terbatas. Karena itu sesuatu yang semula dinyatakan benar oleh akal belakangan dibatalkan oleh akal yang sama. Maka untuk ini manusia membutuhkan panduan akalnya dan inilah salah satu fungsi Al-Qur'an.

5. Mengenal syariat Allah. QS. Al-Baqarah ayat 2 menyebutkan

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)..."

Untuk mengenal dan memahami syariat yang Allah tetapkan pada alam semesta, seseorang harus dengan rendah hati mau merujuk kepada firman Allah swt ini.

"Hidup di bawah naungan Al-Qur'an itu sungguh nikmat. Satu kenikmatan yang tidak bisa diketahui kecuali oleh orang yang menjalani hidup di bawah naungan Al-Qur'an itu sendiri. Satu kenikmatan yang bisa mengangkat harkat umur, membawa pada keberkahan, dan menyucikannya."
-Sayyid Quthb, Fii Zhilalil Qur'an-

Mari memelajari Al-Qur'an! :)

ps. Hiks, i missed Kakek Gepeto's speech

No comments: