Wednesday, August 11, 2010

Tausiyah Ramadhan (Hari I)

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Keberkahan-keberkahan itu adalah:

1. Adanya lailatul qadr, yakni suatu malam yang nilainya sama dengan seribu bulan. Ngarep dot kom banget kan?
2. Berkah di malam saat makan sahur.
3. Dibukanya pintu-pintu surga.
4. Dilipangandakannya pahala. Yang tadinya 1 bisa meningkat hingga 70 kali lipat, wow!
5. Ditutupnya pintu neraka.
6. Dibelenggunya syaitonirrojim.
7. Bertambahnya rizki.

Sebenarnya shaum tidak hanya dilakukan oleh manusia. Beberapa hewan juga melakukannya. Salah satunya adalah ayam. Seekor ayam akan berpuasa penuh ketika sedang mengerami telurnya . Ia berpuasa untuk menjaga suhu badannya agar tetap hangat. Ayam tidak makan dan minum selama 21 hari agar telurnya dapat menetas dengan baik.

Sekarang bandingkan dengan kita. Bila ayam bisa menghasilkan telur yang menetas menjadi itik, mengapa kita tidak bisa menahan lapar dan haus untuk mendapatkan retasan telur pahala kita?

Hewan lain yang juga berpuasa adalah kupu-kupu. Sebelum menjadi kupu-kupu, ia berasal dari ulat. Ia kemudian menjalani metamorfosis. Proses "penahanan" untuk tidak makan dan minum yang memakan waktu berhari-hari. Ulat yang menjijikkan berubah menjadi kupu-kupu yang cantik. Begitu pula dengan kita. Bila kita berhasil melewati penggemblengan Ramadhan ini dengan sabar dan ikhlas, insya Allah, dalam QS. Al-Baqarah ayat 183, kita akan menjadi bagian dari orang-orang yang bertaqwa.

ps. Ya Allah, jika suatu saat aku memiliki anak, bimbinglah aku untuk mendidiknya menjadi anak yang baik, amin.. *keki karena shalat di sebelah anak kecil yang nakalnya minta ampun!*

No comments: