Monday, August 30, 2010

Tausiyah Ramadhan (Hari XX)

Rasa nyaman selalu membuat orang-orang sulit berubah. Celakanya, kami seringkali tidak tahu kalau kami sudah terjebak oleh perasaan nyaman itu. Padahal di luar sana, di tengah hujan deras, petir, guntur, janji kehidupan yang lebih baik boleh jadi sedang menanti. Kami justru sedang bertahan di pondok reot dengan atap rumbia yang tampias di mana-mana, merasa nyaman, selalu mencari alasan untuk berkata tidak atas perubahan, selalu berkata 'tidak'..

Rasa takut juga selalu membuat orang-orang sulit berubah. Celakanya, kami seringkali tidak tahu kalau hampir semua yang kami takuti hanyalah sesuatu yang bahkan tidak pernah terjadi... Kami hanya gentar oleh sesuatu yang boleh jadi ada, boleh jadi tidak. Hanya mereka-reka, lantas menguntai ketakutan itu, bahkan kami tega menciptakan sendiri rasa takut itu, menjadikannya tameng untuk tidak mau berubah...

Hati manusia kadang suka mengeluh karena memang begitu kodratnya. Kita terkadang takut mengejar impian-impian kita yang paling berharga, sebab kita merasa tidak layak mendapatkannya. Atau kita jauh berpikir kita tak akan pernah bisa mewujudkannya. Kita, menjadi takut bila memikirkan orang-orang tercinta yang pergi selamanya, atau saat-saat yang mestinya indah ternyata tidak, atau harta karun yang mungkin bisa ditemukan tapi justru terkubur selamanya. Sebab, saat hal itu terjadi hati kita sangat menderita.

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, wa a'udzubika minal ajzi wal kasal, waa'udzubika minal jubni wal bukhli, wa a'udzubika min gholabatid dayni wa qohrir rijaal..

Dikutip dari Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye.

Ayo, semangat berubah! Menuju arah yang lebih baik, insya Allah! :)

ps. Anggota DPR itu memang sudah berubah, sayangnya ke arah yang lebih buruk. Coba lihat betapa drastis penurunan kehadirannya di Gedung DPR! Parahnya lagi, hari ini aku mendengar seorang gubernur (tetangga) menghabiskan 1,5 M hanya untuk kartu lebaran. Pakai perangko dan biaya pos pula. Alohaaa, jaman sudah canggih Pak, teknologi maju, atau mungkin di daerahnya tak ada lagi rakyat miskin! What a tremendous waste!

ps2. Ya Allah, saya ingin sekali buka usaha, bantu saya ya Allah 3x.. aaamiiin..

No comments: